Minggu, 31 Oktober 2010


PROGRAM BEASISWA
Sebagai Institusi Pendidikan Tinggi yang menjalankan misi untuk menghasilkan lulusan yang “berakhlak tinggi, berkarakter luhur, mempunyai jiwa kepemimpinan, mampu dan mau membangun negara dan menjaga keutuhan bangsa”, sesuai dengan ketetapan senat ITB no. 22 tanggal 30 Oktober 1999, ITB menawarkan beberapa jenis beasiswa bagi para mahasiswanya, yang dikoordinasi oleh Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB. Tujuan dari pemberian beasiswa tersebut adalah :
  1. Mendorong kemajuan studi mahasiswa untuk dapat lulus tepat waktu,
  2. Mendorong meningkatkan prestasi mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik,
  3. Penghargaan atas prestasi dan dedikasi pada pendidikannya,
  4. Menumbuhkan rasa kepedulian terhadap masyarakat umum.
Seorang mahasiswa ITB dapat menerima beasiswa karena kekurangmampuan ekonominya, atau prestasi yang diraihnya selama mengikuti pendidikan di ITB. Untuk jenis beasiswa ekonomi, mahasiswa pemohon beasiswa harus berasal dari keluarga yang kurang mampu, dengan melampirkan surat keterangan penghasilan orang tua atau wali yang disahkan oleh lembaga yang berwenang. Sedangkan jenis beasiswa ekonomi yang ditawarkan oleh ITB dapat berupa Beasiswa Biaya Hidup, Beasiswa Biaya Pendidikan (bebas BPP), Beasiswa Tugas Akhir, dan/atau Beasiswa Pondokan.
Selain itu, ITB juga memberikan Beasiswa Penghargaan. Beasiswa ini merupakan penghargaan ITB atas prestasi yang telah dicapai mahasiswa, baik prestasi kurikuler maupun prestasi ekstra dan kokurikuler. Beasiswa ini diberikan kepada lulusan TPB terbaik (10 mahasiswa), mahasiswa peraih Indeks Prestasi (IP) tertinggi (untuk setiap program studi, diberikan kepada 1 orang mahasiswa di tingkat 2 dan 1 orang mahasiswa di tingkat 3), mahasiswa berprestasi utama (mahasiswa dengan IPK > 3,0 dan berprestasi menonjol dalam kegiatan ekstrakurikuler /kokurikuler), dan Beasiswa Karya Ilmiah, bagi mahasiswa yang melakukan penelitian atau memiliki karya ilmiah/karya profesional.
Untuk dapat memperoleh beasiswa, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh mahasiswa pemohon beasiswa, yaitu :
  1. Mahasiswa ITB yang terdaftar pada semester yang sedang berjalan
  2. Tidak terkena kasus/sanksi akademik, maupun sanksi administrasi dari ITB
  3. Mengikuti prosedur yang berlaku di ITB
  4. Memenuhi persyaratan dan lolos seleksi penilaian
  5. Bersedia mengikuti ketentuan yang diminta oleh pemberi beasiswa
  6. Khusus untuk jenis beasiswa ekonomi, mahasiswa pemohon harus melampirkan surat keterangan tidak mampu, dilengkapi dengan surat keterangan penghasilan orang tua atau wali yang disahkan oleh lembaga yang berwenang
Pada pelaksanaan program KN-ITB 2011, serta PMBP-ITB 2011, baik di PMBP-ITB 2011 di Daerah maupun PMBP-ITB 2011 Terpusat, ITB menawarkan beberapa jenis beasiswa. Berikut ini adalah beberapa beasiswa yang ditawarkan ITB :
Beasiswa
Program
Jalur Uji
Tahun Ijazah
Calon Peserta
PMBP-ITB Terpusat
Sains & Teknik, Seni Rupa & Desain
2009, 2010, 2011
Pelajar Ekonomi Lemah, dengan penghasilan masing-masing orang tua tidak melebihi gaji PNS gol. II
PMBP-ITB di Daerah & PMBP-ITB Terpusat
Sains & Teknik, Seni Rupa & Desain, Bisnis & Manajemen
2011
Pelajar Berprestasi yang berasal dari keluarga golongan Ekonomi Lemah
KN-ITB,
PMBP-ITB di Daerah & PMBP-ITB Terpusat
Sains & Teknik, Seni Rupa dan Desain
2009, 2010, 2011
Peminat program studi tertentu yang kurang dikenal masyarakat, meskipun keahliannya sangat diperlukan di pasar kerja nasional maupun global, yaitu: Astronomi, Oseanografi, Meteorologi, Teknik Metalurgi, Teknik Fisika, Seni Rupa, dan Kriya
PMBP-ITB di Daerah & PMBP-ITB Terpusat
Sains & Teknik
2011
Peraih medali (min. perunggu tingkat nasional) di salah satu Olimpiade Keilmuan tk. Nasional, atau peserta Olimpiade Keilmuan tk. Nasional yang diundang untuk mengikuti PMBP-ITB
Bridging Program
Sains & Teknik
2011
Peraih medali  emas di salah satu Olimpiade Keilmuan tingkat Nasional yang bersedia mengikuti Bridging Program







 BIDIK MISI
Mulai tahun 2011, Departemen Pendidikan Nasional memberikan kesempatan bagi 20 ribu lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Paket C tahun 2011 yang berprestasi dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki kemampuan akademik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi melalui Program Beasiswa BIDIK MISI. Pada pelaksanaan PMBP-ITB 2011 di Daerah, ITB mengintegrasikan program beasiswa BIDIK MISI tersebut dengan program Beasiswa Biaya Pendidikan.
Persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa BIDIK MISI 2011 di ITB:
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK yang dijadwalkan lulus pada tahun 2011
  2. Berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi
  3. Mempunyai prestasi akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler.
  4. Lulus dari salah satu sistem seleksi mahasiswa baru ITB (PMBP-ITB dan/atau SNMPTN)
Beasiswa ini diberikan sejak sang mahasiswa dinyatakan diterima dan memulai kegiatan akademik di perguruan tinggi, sampai menyelesaikan semester 8 dengan ketentuan penerima beasiswa berstatus mahasiswa aktif.
Calon mahasiswa yang berminat dapat mengajukan lamaran sebagai calon peserta Beasiswa BIDIK MISI ke ITB, dengan memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan oleh ITB dan DEPDIKNAS RI.
Pada pelaksanaan program Beasiswa BIDIK MISI, ITB menawarkan fakultas/sekolah berikut :
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)
  • Sekolah Farmasi (SF)
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI)
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
catatan :
  • Sehubungan dengan telah terbitnya SK Rektor ITB no. 071/SK/K01/PP/2006, tertanggal 17 Maret 2006, tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, maka secara resmi, setiap mahasiswa baru diterima menjadi mahasiswa fakultas/sekolah terlebih dahulu, sebelum akhirnya memilih salah satu program studi serumpun dalam fakultas/sekolah yang sama, pada awal tahun kedua.
  • Penempatan mahasiswa di salah satu program studi serumpun di fakultas/sekolah di ITB, dilakukan oleh ITB sebelum masa perkuliahan tahun kedua dilaksanakan, berdasarkan minat mahasiswa, kapasitas program studi yang bersangkutan, serta tergantung pada prestasi mahasiswa di tahun pertama perkuliahan, bila kapasitas program studi yang bersangkutan lebih kecil daripada jumlah mahasiswa yang memilih program studi tersebut. Kemungkinan bahwa seorang mahasiswa akhirnya dijuruskan pada program studi bukan pilihan utamanya dapat saja terjadi. Namun demikian karena pengelompokan program studi dalam suatu fakultas/sekolah didasarkan atas ekserumpunan dan kontekstualitas keilmuannya yang sama, maka perbedaan antara program studi yang satu dengan program studi yang lain dalam fakultas yang sama, tidak signifikan. ITB menyarankan agar calon mahasiswa mempelajari sistem penerimaan mahasiswa baru ini terlebih dahulu dan dapat membandingkannya dengan sistem yang diberlakukan di perguruan tinggi lainnya.
  • Sebagai informasi tambahan, pada kurikulum 2008, ITB mulai memperkenalkan mata kuliah Mayor dan mata kuliah Minor. Dengan demikian, mahasiswa dari suatu program studi dapat mengambil mata kuliah di program studi lainnya, dalam jumlah terbatas. Pendidikan di ITB lebih diarahkan pada pendidikan kesarjanaan yang memberikan penguasaan ilmu yang komprehensif disertai wawasan yang luas dibandingkan ke arah vokasional yang terfokus pada aplikasi suatu bidang keahlian saja.

BEASISWA EKONOMI LEMAH
Bagi calon peserta PMBP-ITB 2011 di Daerah yang berasal dari keluarga golongan ekonomi lemah, ITB memberikan subsidi, sehingga calon mahasiswa yang bersangkutan tidak dibebani biaya BPM, bila lulus dan dapat diterima sebagai mahasiswa ITB. Untuk mendapatkan subsidi BPM tersebut, calon peserta PMBP-ITB 2011 di Daerah harus memenuhi ketentuan-ketentuan berikut:
  • Peminat Beasiswa Ekonomi Lemah hanya dapat mengikuti PMBP-ITB 2011 Terpusat dan tidak diperkenankan mengikuti PMBP-ITB 2011 di Daerah.
  • Program  ini dibuka bagi peminat PMBP-ITB 2011 di Daerah yang merupakan:
    • Lulusan SMA IPA, bukan Ijazah persamaan, dengan tahun ijazah 2009, 2010 dan 2011, bagi peminat jalur ujian Sains dan Teknik.
    • Lulusan SMA/SMK, bukan Ijazah persamaan, dengan tahun ijazah 2009, 2010 dan 2011, bagi peminat jalur ujian Seni Rupa dan Desain
  • Mendaftarkan diri dengan melampirkan persyaratan ekonomi sebagai berikut:
Pekerjaan Orang Tua
Kelengkapan dokumen yang diperlukan
  1. PNS Gol. I dan Gol. II
  2. Guru (besar gaji kedua orang tua tidak melebihi gaji PNS gol. II)
  3. Anggota ABRI/POLRI setinggi-tingginya BINTARA
  1. Penghasilan masing-masing orang tua tidak melebihi gaji PNS gol. II
  2. Surat Keterangan Penghasilan kedua Orang Tua
  3. Surat Keputusan (SK) dari instansi tempat bekerja kedua Orang Tua
  4. Daftar Gaji Orang Tua terakhir
  5. Kartu Keluarga Orang Tua calon peserta PMBP-ITB
  6. KTP kedua Orang Tua calon peserta PMBP-ITB
  1. Pensiunan di atas
  2. Pensiunan PNS Gol III
  1. Penghasilan masing-masing orang tua tidak melebihi gaji PNS gol. II
  2. Surat Keterangan Penghasilan kedua Orang Tua
  3. Surat Keputusan (SK) pensiun Orang Tua sesuai status terakhir
  4. Kartu Keluarga dan KTP kedua Orang Tua calon peserta PMBP-ITB
  1. Berpenghasilan rendah (termasuk petani, nelayan, dll)
  1. Penghasilan masing-masing orang tua tidak melebihi gaji PNS gol. II
  2. Surat Keterangan Penghasilan kedua Orang Tua
  3. Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW atas nama kedua Orang Tua
  4. Keterangan Tidak Mampu atas nama kedua Orang Tua dari Dinas Sosial Daerah setempat
  5. Kartu Keluarga Orang Tua calon peserta PMBP-ITB
  6. KTP kedua Orang Tua calon peserta PMBP-ITB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar